Ilustrasi "Jenuh di Tempat Kerja" [credit: malangcorner.com]

RiauJOS.com, Psikologi - Pada kesempatan ini, RiauJOS.com mencoba menjawab beberapa pertanyaan dari Pembaca Riau JOS, sebut saja namanya Mr. D, dia ingin berkonsultasi dengan Psikolog Riau JOS, Mbak Lina Madila Amir. Melalui Post ini, sekaligus memperkenalkan profil Mbak Lina, sapaan akrabnya.

Saat ini, Mbak Lina bekerja di Komnas Perempuan, di bagian SDM. Selasa sore ini, 9 Agustus 2016, Mbak Lina berkesempatan menjawab pertanyaan Mr. D, yang sudah beberapa hari yang lalu masuk ke meja Redaksi RiauJOS.com.

Lina Madila Amri
Psikolog Riau JOS!*, Lina Madila Amir

Pertanyaan:

Mr. D (29), seorang profesional muda, beranak satu, beristri satu, sekarang bekerja disebuah lembaga pemerintah non kementrian. Hari-harinya dilalui begitu saja, tanpa membuahkan sebuah prestasi yang bisa dibanggakan. Hal tersebut membuatnya jenuh dengan apa yang dikerjakan di kantor, seolah waktu berlalu begitu saja, tanpa membuahkan hasil. Mr. D merasa capek dan jenuh terhadap pekerjaan rutin dikantornya. Lantas, Mr. D mencoba bertanya ke Mbak Lina, "Mbak Lina, gimana sih cara mengatasi kejenuhan di kantor," tanya dia. 

Jawaban:

Berikut jawaban Mbak Lina, atas pertanyaan Mr. D, semoga bisa membantu menyembuhkan kebosanan dan kejenuhan Mr. D di tempat kerja. Selamat membaca.

Pekerja kantoran,,,naah sebagian orang akan menganggap “wuih enak nih sudah kerja,,,sudah ada pemasukan,,,sudah ada kegiatan “ padahal mereka ga  tau kita puyeng dan ga jarang jenuh datang. kalau jenuh sudah datang,,,bosan menyerang alamat tugas dan kerjaan ga kelar kelar, terus jadi baper ama gaji yang ga seberapa, temen yang jutek, bos yang ga asyik dan hal yang ga mengasyikkan yang sengaja diada adain :) iyakan ? pernah gitu kan? jujur aja,,,jawabnya peerrnnahh.

Kita sebagai angkatan 85 (masuk jam delapan pulang jam lima) atau seperti aku angkatan 96 (masuk jam 9 pulang jam enam) belum lagi lembur atau deadline dari atasan pasti sering banget ngerasain yang namanya Jenuh di tempat kerja maupun jenuh ama kerjaan itu sendiri...sebagai pekerja yang juga ngurusin pekerja (baca HRD) diriku sering banget ngalamin seperti ini,,,tapi alhamdulillah sampe hari ini masih bisa diatasi dengan beberapa cara berikut, istilah kerennya tips :)

1. Pikirin hal menyenangkan dari pekerjaan yang kita tekuni

Jadiii...Inget dan pikirin kembali hal-hal menyenangkan yang kita peroleh selama menekuni pekerjaan tersebut. Jadikanlah sebagai motivasi agar semangat kerjanya balik lagi. klise banget yak,,tapi cukup mujarab buatku.

2. Bagi tugas yang sedang kita hadapi menjadi bagian – bagian kecil

Istilahku sih di mapping gitu, biar kesannya ga numpuk dan riweuh plus ditulis deadlinenya kapan biar semangat dan bisa nentuin skala prioritas

3. Manfaatin jatah cuti

 Refreshing adalah langkah cepat dan tepat untuk ngilangin rasa jenuh. coba deh manfaatin jatah cuti mu, biasanya setiap perusahaan memberikan hak cuti untuk para pekerjanya tho? kalau dikantorku setiap pekerja diberi jatah cuti 12 hari selama satu tahun....kan lumayan tuh ( saranku diambil nyicil ya..biar masih ada sisa dan bisa dipake kalo jenuh datang lagi xixiixiix )..setelah itu lakukan liburan singkat yang bisa membuat rileks dan segar kembali.

4. Ubah suasana kerja

 Perubahan suasana ini bisa dimulai dengan mengatur ulang meja kerjamu.. pengaturan ulang meja dan peralatan kantormu..jangan di kantor orang lain yak..Pajanglah berbagai benda atau foto di atas meja ( saran lagi,,,,jangan foto mantan ataupun gebetan apalagi Jonru,,,uppss ). kalau aku foto anak, suami dan keluarga jadi endurance dan mampu mengembalikan mood baik.

5.  Berolahraga setelah pulang dari kantor

sudah ada penelitian yang valid bahwa  olahraga mampu mengusir stress dan jenuh. Mungkin kita ini  sudah lelah seharian berkutat dengan pekerjaan kantor namun, dengan bersepeda santai, berenang, yoga maka kita akan lebih segar sehingga berakibat kurangnya atau malah hilangnya  rasa tertekan pada rutinitas kerja. saran saya,,,,yuh yoga :)

6. Beri waktu untuk bagi diri sendiri  untuk sekedar relaks dan santai

 Kalau berkenan dan dirasa perlu..ajaklah teman dekat yang bisa dipercaya untuk berbagi cerita,  mungkin dari teman, kita mendapatkan masukan yang baik. 

7. Menjalankan hobi atau kegiatan – kegiatan lain di luar rutinitas kantor

 Misalnya menonton film,memasak , kalau ga bisa masak ya ayuh wisata kuliner bersama pacar, atau keluarga bisa juga teman lama. kalau saya suka kasih saran ke suami untuk motret,,sebagai helaing dari rutinitas kerjanya dia,,atau tiduurr :). sebagai catatan jangan sampai kegiatan ini malah menguras tenaga yang akibatnya malah bikin males ngantor keesokan harinya.

8. Terakhir dan sejatinya yang utama adalah Bersyukur dengan apa  yang sudah kita dapat

Dengan bersyukur dari apa yang kita punya setelah apa yang sudah kita lakukan semoga bisa menjadi penyemangat dalam bekerja. Misalnya saja: Saya bersyukur, tiap bulan sudah ga nyusahin emak bapak lagi,,,saya bersyukur masih banyak orang yang tidak seberuntung saya,,, saya bersyukur dapat menghidupi dan membahagiakan orang orang yang saya cintai...dan kemudian berefleksi terhadap apa apa yang sudah Tuhan beri..

hhmm...kayaknya sih itu kalau dari pengalamanku ya....nanti kalau ada formula atau cara baru,,,pasti akan share lagi.

cintai diri,,,bermanfaat dan bahagialah sesegera mungkin :)


Note: 
Bagi pembaca RiauJOS.com yang punya pertanyaan seputar Psikologi, silakan ke alamat email Redaksi RiauJOS.com, disini: riaujos@gmail.com. Selanjutnya, Mbak Lina akan menjawab diagendakan seminggu sekali, tapi apabila Mbak Lina sedang sibuk, akan dijawab diminggu berikutnya, kalau sebaliknya, lagi gak terlalu sibuk, akan dijawab langsung, kapanpun :D


Tips kalau Jenuh (Ngantor) Melanda

Ilustrasi "Jenuh di Tempat Kerja" [credit: malangcorner.com]

RiauJOS.com, Psikologi - Pada kesempatan ini, RiauJOS.com mencoba menjawab beberapa pertanyaan dari Pembaca Riau JOS, sebut saja namanya Mr. D, dia ingin berkonsultasi dengan Psikolog Riau JOS, Mbak Lina Madila Amir. Melalui Post ini, sekaligus memperkenalkan profil Mbak Lina, sapaan akrabnya.

Saat ini, Mbak Lina bekerja di Komnas Perempuan, di bagian SDM. Selasa sore ini, 9 Agustus 2016, Mbak Lina berkesempatan menjawab pertanyaan Mr. D, yang sudah beberapa hari yang lalu masuk ke meja Redaksi RiauJOS.com.

Lina Madila Amri
Psikolog Riau JOS!*, Lina Madila Amir

Pertanyaan:

Mr. D (29), seorang profesional muda, beranak satu, beristri satu, sekarang bekerja disebuah lembaga pemerintah non kementrian. Hari-harinya dilalui begitu saja, tanpa membuahkan sebuah prestasi yang bisa dibanggakan. Hal tersebut membuatnya jenuh dengan apa yang dikerjakan di kantor, seolah waktu berlalu begitu saja, tanpa membuahkan hasil. Mr. D merasa capek dan jenuh terhadap pekerjaan rutin dikantornya. Lantas, Mr. D mencoba bertanya ke Mbak Lina, "Mbak Lina, gimana sih cara mengatasi kejenuhan di kantor," tanya dia. 

Jawaban:

Berikut jawaban Mbak Lina, atas pertanyaan Mr. D, semoga bisa membantu menyembuhkan kebosanan dan kejenuhan Mr. D di tempat kerja. Selamat membaca.

Pekerja kantoran,,,naah sebagian orang akan menganggap “wuih enak nih sudah kerja,,,sudah ada pemasukan,,,sudah ada kegiatan “ padahal mereka ga  tau kita puyeng dan ga jarang jenuh datang. kalau jenuh sudah datang,,,bosan menyerang alamat tugas dan kerjaan ga kelar kelar, terus jadi baper ama gaji yang ga seberapa, temen yang jutek, bos yang ga asyik dan hal yang ga mengasyikkan yang sengaja diada adain :) iyakan ? pernah gitu kan? jujur aja,,,jawabnya peerrnnahh.

Kita sebagai angkatan 85 (masuk jam delapan pulang jam lima) atau seperti aku angkatan 96 (masuk jam 9 pulang jam enam) belum lagi lembur atau deadline dari atasan pasti sering banget ngerasain yang namanya Jenuh di tempat kerja maupun jenuh ama kerjaan itu sendiri...sebagai pekerja yang juga ngurusin pekerja (baca HRD) diriku sering banget ngalamin seperti ini,,,tapi alhamdulillah sampe hari ini masih bisa diatasi dengan beberapa cara berikut, istilah kerennya tips :)

1. Pikirin hal menyenangkan dari pekerjaan yang kita tekuni

Jadiii...Inget dan pikirin kembali hal-hal menyenangkan yang kita peroleh selama menekuni pekerjaan tersebut. Jadikanlah sebagai motivasi agar semangat kerjanya balik lagi. klise banget yak,,tapi cukup mujarab buatku.

2. Bagi tugas yang sedang kita hadapi menjadi bagian – bagian kecil

Istilahku sih di mapping gitu, biar kesannya ga numpuk dan riweuh plus ditulis deadlinenya kapan biar semangat dan bisa nentuin skala prioritas

3. Manfaatin jatah cuti

 Refreshing adalah langkah cepat dan tepat untuk ngilangin rasa jenuh. coba deh manfaatin jatah cuti mu, biasanya setiap perusahaan memberikan hak cuti untuk para pekerjanya tho? kalau dikantorku setiap pekerja diberi jatah cuti 12 hari selama satu tahun....kan lumayan tuh ( saranku diambil nyicil ya..biar masih ada sisa dan bisa dipake kalo jenuh datang lagi xixiixiix )..setelah itu lakukan liburan singkat yang bisa membuat rileks dan segar kembali.

4. Ubah suasana kerja

 Perubahan suasana ini bisa dimulai dengan mengatur ulang meja kerjamu.. pengaturan ulang meja dan peralatan kantormu..jangan di kantor orang lain yak..Pajanglah berbagai benda atau foto di atas meja ( saran lagi,,,,jangan foto mantan ataupun gebetan apalagi Jonru,,,uppss ). kalau aku foto anak, suami dan keluarga jadi endurance dan mampu mengembalikan mood baik.

5.  Berolahraga setelah pulang dari kantor

sudah ada penelitian yang valid bahwa  olahraga mampu mengusir stress dan jenuh. Mungkin kita ini  sudah lelah seharian berkutat dengan pekerjaan kantor namun, dengan bersepeda santai, berenang, yoga maka kita akan lebih segar sehingga berakibat kurangnya atau malah hilangnya  rasa tertekan pada rutinitas kerja. saran saya,,,,yuh yoga :)

6. Beri waktu untuk bagi diri sendiri  untuk sekedar relaks dan santai

 Kalau berkenan dan dirasa perlu..ajaklah teman dekat yang bisa dipercaya untuk berbagi cerita,  mungkin dari teman, kita mendapatkan masukan yang baik. 

7. Menjalankan hobi atau kegiatan – kegiatan lain di luar rutinitas kantor

 Misalnya menonton film,memasak , kalau ga bisa masak ya ayuh wisata kuliner bersama pacar, atau keluarga bisa juga teman lama. kalau saya suka kasih saran ke suami untuk motret,,sebagai helaing dari rutinitas kerjanya dia,,atau tiduurr :). sebagai catatan jangan sampai kegiatan ini malah menguras tenaga yang akibatnya malah bikin males ngantor keesokan harinya.

8. Terakhir dan sejatinya yang utama adalah Bersyukur dengan apa  yang sudah kita dapat

Dengan bersyukur dari apa yang kita punya setelah apa yang sudah kita lakukan semoga bisa menjadi penyemangat dalam bekerja. Misalnya saja: Saya bersyukur, tiap bulan sudah ga nyusahin emak bapak lagi,,,saya bersyukur masih banyak orang yang tidak seberuntung saya,,, saya bersyukur dapat menghidupi dan membahagiakan orang orang yang saya cintai...dan kemudian berefleksi terhadap apa apa yang sudah Tuhan beri..

hhmm...kayaknya sih itu kalau dari pengalamanku ya....nanti kalau ada formula atau cara baru,,,pasti akan share lagi.

cintai diri,,,bermanfaat dan bahagialah sesegera mungkin :)


Note: 
Bagi pembaca RiauJOS.com yang punya pertanyaan seputar Psikologi, silakan ke alamat email Redaksi RiauJOS.com, disini: riaujos@gmail.com. Selanjutnya, Mbak Lina akan menjawab diagendakan seminggu sekali, tapi apabila Mbak Lina sedang sibuk, akan dijawab diminggu berikutnya, kalau sebaliknya, lagi gak terlalu sibuk, akan dijawab langsung, kapanpun :D