Social Items

Raja Ampat
Raja Ampat adalah salah satu destinasi impian dari banyak traveler dan pejalan di Indonesia. Raja ampat atau yang memiliki arti Empat Raja ini merupakan kepulauan yang terletak di Papua Barat. Memang tempat ini adalah salah satu tempat terbaik untuk menyelam di Indonesia, dan bahkan.. di dunia.

Keanekaragaman biota lautnya lah yang membuat Raja Ampat menjadi populer. Posisinya yang berada diantara dua samudera, yaitu Samudera Hindia dan Samudra Pasifik, didukung dengan suhu yang sesuai membuat pertumbuhan karang menjadi baik. Tidak heran jika Raja Ampat dianggap sebagai surga bawah laut terakhir di bumi. Keindahan dan keragaman, ditambah dengan orang-orang lokal yang hangat, membuat Raja Ampat adalah tempat liburan yang wajib dikunjungi.

Nama Raja Ampat sendiri diambil dari mitologi lokal. Sebelumnya, seorang wanita menemukan tujuh telur, 4 dari mereka menetas dan menjadi raja yang sekarang dikenal sebagai empat pulau besar, Waigeo, Misool, Salawati dan Batanta. Satu menetas sebagai seorang wanita, sementara yang lainnya tidak menetas.
Memang tidak mudah untuk mencapai lokasi diving terbaik di muka bumi ini. Penerbangan mahal dan informasi yang kurang menyebabkan kesalahpahaman tentang Raja Ampat. Terutama banyak orang berpikir kalau Raja Ampat itu sangat mahal. Mungkin itu setengah benar, atau mungkin saja informasi itu tidak sepenuhnya benar. Dan, beberapa tips terkait tentang cara untuk perjalananliburan murah ke Raja Ampat ala Backpacker ini tentunya akan sangat bermanfaat untuk kalian yang ingin liburan kesana.

Harga penerbangan ke Indonesia timur memang terkenal mahal, nah untuk mencari penerbagan murah ke Raja Ampat, yaitu dari Jakarta ke Sorong, kalian harus mencarinya jauh – jauh hari! Tidak ada cara lain lagi selain rajin mencari tiket promo. Hindari musim peak season karena pasti harga tiket pesawat melambung tinggi. Harga normal adalah 2-3 Juta Rupiah sekali jalan.
Biasanya penerbangan transit dengan maskapai berbeda juga bisa sedikit menghemat biaya tiket pesawat. Gunakan meta search tiket pesawat seperti sky scanner untuk mengawasi pergerakan harga tikat. Pesanlah ketika harga menyentuh yang termurah. (Baca Juga : 17 Pantai Cantik Di Yogyakarta Untuk Referensi Liburanmu)

Alternatif Murah Transportasi Menuju Raja Ampat Dengan Kapal Laut


Dari Jakarta ada kapal pelni yang melayani jalur pelayaran dari Tanjung Priok sampai Sorong. Meskipun ini akan memakan waktu selama beberapa hari hingga satu minggu, tetapi ini adalah salah satu cara termurah untuk menuju Raja Ampat lewat Sorong.
Untuk rincian perkiraan harga kapal laut dari Tanjung Priok, Jakarta – Sorong adalah sebagai berikut :
KELAS 1A

Dewasa : Rp. 2.958.500,-
Anak : Rp. 2.224.500,-
Bayi : Rp. 305.000,-

KELAS 1B

Dewasa : Rp. 2.412.000,-
Anak : Rp. 1.814.500,-
Bayi : Rp. 256.500,-

KELAS 2A

Dewasa : IDR 1.639.500,-
Anak : IDR 1.235.000,-
Bayi : IDR 173.000,-

KELAS 2B

Dewasa : IDR 1.512.000,-
Anak : IDR 1.139.500,-
Bayi : IDR 160.500,-

KELAS 1A

Dewasa : IDR 2.958.500,-
Anak : IDR 2.224.500,-
Bayi : IDR 305.000,-

KELAS 1B

Dewasa : IDR 2.412.000,-
Anak : IDR 1.814.500,-
Bayi : IDR 256.500,-

KELAS 2A

Dewasa : IDR 1.639.500,-
Anak : IDR 1.235.000,-
Bayi : IDR 173.000,-

KELAS 2B

Dewasa : IDR 1.512.000,-
Anak : IDR 1.139.500,-
Bayi : IDR 160.500,-

EKONOMI

Dewasa : IDR 748.000,-
Anak : IDR 566.500,-
Bayi : IDR 84.000,-

Transportasi Di Raja Ampat, Transportasi Dari Sorong Ke Waisai

Sebenarnya Papua tidak semahal seperti yang kita pikirkan, meskipun harga bensin bisa mencapai dua kali Jakarta. Anehnya biaya transportasi disana tidak begitu mahal. Misalnya ojek disana untuk perjalanan sekitar 5 km biayanya hanya Rp 15.000. Ojek akan sangat berguna untuk backpacker atau solo traveler dari bandara menuju Pelabuhan Sorong. Atau jika kalian datang ramai – ramai dan kelompok, kalian bisa menyewa mobil seharga IDR 100.000-200.000 untuk menuju ke pelabuhan Sorong.
Iya, pelabuhan Sorong adalah pintu gerbang menuju Raja Ampat. Sementara itu dari Pelabuhan Sorong ke Waisai bisa ditempuh dengan perahu cepat (IDR 130.000) yang berangkat jam 02:00 PM waktu setempat. Perjalanan akan memakan waktu sekitar 2 jam penyeberangan. Setelah sampai di Waisai, kalian menyewa mobil untuk mengantarkan kalian sampai penginapan. (Baca Juga : 7 Pulau di Kepulauan Seribu Ini Wajib Kamu Kunjungi Karena Murah Dan Indah)

Penginapan Murah Selama Liburan Di Raja Ampat


Kalian bisa memilih apa pun jenis penginapan yang ada di Raja Ampat. Mulai dari penginapan ala homestay atau bahkan resort mewah. Iya, percaya atau enggak ada homestay di Raja Ampat yang harganya jauh lebih masuk akal dan ekonomis. Apalagi ada homestay yang terletak di pulau kecil yang tenang.
Tidak seperti beberapa penginapan di Waisai seperti Arcopora dan Dolphin (Rp 880.000 / bungalow / 4 orang), suasananya akan sangat berbeda karena mereka tidak terletak tepat di depan laut. Bahkan jika penginapan itu dekat dengan Pantai WTC. Percayalah, WTC tidak terlalu bersih.
Rekomendasi penginapan murah dan nyaman di Raja Ampat adalah dengan tinggal di homestay seperti Yenkoranu homestay, Koranu Fyak Homestay, yang tarifnya hanya sekitar IDR 250.000 / orang termasuk makan 3x! Dan tentu saja, kalian bisa melompat langsung ke pantai dan berenang dengan ribuan ikan besar… bahkan bertemu hiu juka kalian beruntung!
Informasi lebih lanjut tentang homestay dan penginapan murah di Raja Ampat, bisa dicari dengan bantuan google, atau bertanya langsung setelah sampai di Raja Ampat. Jika menginap di Sorong kalian bisa tinggal di Hotel Indah dekat Tembok Berlin (IDR 230.000 / malam) atau Meridien Hotel yang lokasinya di depan bandara dan atau bisa juga membeli PIN disini (IDR 400.000 / malam).  (Baca Juga : 8 Kepulauan Di Indonesia Ini Asyik Banget Buat Liburan Ala Loncat Pulau!)

Tips Island Hoping Di Raja Ampat Dengan Perahu


Cara paling gampang adalah mengatur penyewaan perahu kalian dengan pemilik homestay tempat kalian menginap. Biasanya mereka memiliki perahu mereka sendiri dengan harga yang lebih murah. Ada beberapa jenis perahu di Raja Ampat. Long Boat adalah yang termurah, speed boat kecil cocok untuk sekitar 10 orang, dan yang terakhir adalah speedboat besar yang bisa muat sampai 30 orang.
Kisaran harga sewa perahu di Raja Ampat berbeda – beda, tergantung pada rute yang kalian ingin lewati. Misalnya, naik speed boat ke Mansuar dan Gam daerah akan terkena biaya sekitar IDR 3.500.000 / hari. Sementara itu untuk pergi ke Wayag yang merupakan ikon Raja Ampat biayanya adalah IDR 7.050.000 / hari.
Masalahnya, bagaimana jika kalian pergi ke Raja Ampat sendirian, tidak dengan berkelompok? Jangan khawatir deh! Itulah sebabnya kalian disarankan untuk bertanya kepada pemilik homestay jika ada orang lain memiliki kegiatan yang sama, entah pergi ke Wayag, atau yang lainnya, kalian dapat bergabung dengan mereka.
Beberapa homestay bahkan memiliki aktivitas yang sudah dijadwalkan untuk pergi ke beberapa pulau-pulau kecil. Bahkan ada juga yang hannya membayar IDR 100.000 untuk pergi ke Manta Point and sekitarnya. Jika kalian ingin menyewa perahu di Raja Ampat, kalian bisa menghubungi Pak Pandy, Pemandu dan Kapten kapal di Raja ampat pada nomor ini : 6285243526835

Pulau – Pulau Yang Bisa Dikunjungi Di Raja Ampat


Kunjungilah beberapa desa di Raja Ampat seperti Arborek, Sawingray, Yenbuba. Wayag adalah tempat yang paling populer di Raja Ampat. Wayag ini terkenal karena ketika kalian mengetik “Raja Ampat” di google, pasti informasi yang banyak keluar, foto dan gambar yang ada adalah Wayang yang mempesona ini.
Kepulauan Wayag sendiri bisa ditempuh dengan 3 jam perjalanan dengan speedboat dari Waisai. Selain wayag, ada juga tempat yang pemandangannya mirip seperti Wayag, bernama Penemu atau Pianemo Island. Disini kalian bisa mendaki tiga bukit kapur untuk melihat pemandangan spektakuler berupa batu gamping kecil dengan gradasi warna-warni yang menakjubkan.
Pastikan untuk memakai sepatu dan sarung tangan karena meskipun perjalanan tidak lama tapi sepanjang jalur banyak bebatuan yang runcing. Untuk snorkeling, kalian bisa melakukannya di depan Kri Resort, atau bisa juga dilakukan di Wayag. Pemandangan bawah lautnya tentu akan sangat luar biasa.
Pun karang yang ada tidak terlalu bagus, tetapi ikan disana ada banyak dan berukuran besar. Manta Point adalah tempat yang wajib kalian kunjungi ketika ke Raja Ampat. Jangan heran kalau kalian melihat hiu disana. Jangan takut juga, karena mereka tidak akan menggangu kalian kecuali terpancing dengan aroma darah. Sementara itu Teluk Kabui memiliki sebuah gua di mana masih ada sebuah telur yang belum menetas di dalamnya. Terakhir kalian juga bisa melakukan birdwatching di Waigeo.

Tentang Menyelam Di Raja Ampat


Liburan ala Backpacker ke Raja Ampat takkan lengkap tanpa menyelam. Diving atau Menyelam di Raja Ampat harganya mulai dari Rp 550.000 / log. Kalian bisa menghubungi operator diving di resort seperti Raja Ampat Dive Resort, Raja Ampat Dive Lodge, Kri Eco-Resort, dan Waiwo Dive Resort. Untuk keselamatan kalian lebih baik untuk pergi ke resort itu karena beberapa operator menyelam lain tidak benar-benar memiliki dive master yang berpengalaman.

Perkiraan Biaya Liburan Ala Backpacer Ke Raja Ampat


  • Kapal Dari Cepat Sorong – Waisai PP : IDR 260,000
  • Akomodasi+3x makan (4 malam) : IDR 1,000,000
  • Keliling Pulau Di Raja Ampat : IDR 200,000-700,000 (sampai Wayag)
  • Biaya Konservasi Raja Ampat(PIN Raja Ampat): IDR 250,000 untuk orang Indonesia, IDR 500,000 Untuk Orang asing.
  • Transportasi: IDR 100,000
Catatan : Data diatas harap jangan digunakan sebagai acuan pasti, karena ada kemungkinan perubahan harga dan biaya tanpa pemberitahuan.

Tips Asik Liburan Ala Backpacker Ke Raja Ampat


  • Musim Angin selatan disarankan untuk dihindari, karena pada musim ini ombak di laut sekitar Raja Ampat akan menggila. Musim angin selatan biasanya terjadi mulai awal bulan Juni sampai bulan September.
  • Meskipun pergi ke Raja Ampat sendirian itu mungkin sekali, tetapi pergi beramai – ramai jauh lebih menyenangkan dan murah. Rombongan 4-6 orang untuk pergi ke Raja Ampat akan lebih ekonomis.
  • Usahakan untuk sampai Sorong pada pagi hari, hal ini bisa dilakukan dengan penerbangan malam. Tujuannya adalah agar bisa mengejar kapal cepat yang berangkat jam 14.00 waktu setempat.
  • Sediakan uang cash yang cukup, karena ATM sangat jarang ditemukan disini. Hanya ada satu mesin ATM saja disini, yaitu ATM BRI.
  • Berbaurlah dengan masyarakat setempat, siapa tahu kalian bisa menemukan informasi yang menarik yang membuat liburan kalian ke Raja Ampat lebih seru.
  • Sekarang ini sudah banyak yang membuka open trip ke Raja Ampat dengan biaya yang tidak terlalu mahal. Jadi jika tidak ingin liburan ala Backpacker ke Raja Ampat sendirian, kalian bisa pergi kesana dengan cara gabung open trip ke Raja Ampat
Nah, setelah membaca tulisan “Tips Liburan Murah Ala Backpacker Ke Raja Ampat” ini masih berpikir kalau liburan ala backpacker ke Raja Ampat itu mustahil? Selamat mencoba liburan ke salah satu destinasi terbaik Indonesia ya!
Ps : Data dan informasi dalam tulisan ini dibantu oleh Littlenomadid.com, kalian bisa berkunjung dan bertanya – tanya tentang tips liburan ke Raja Ampat ala backpacker lewat blognya disini.

Sumber: liburmulu.com

Liburan Murah Ke Raja Ampat

Raja Ampat
Raja Ampat adalah salah satu destinasi impian dari banyak traveler dan pejalan di Indonesia. Raja ampat atau yang memiliki arti Empat Raja ini merupakan kepulauan yang terletak di Papua Barat. Memang tempat ini adalah salah satu tempat terbaik untuk menyelam di Indonesia, dan bahkan.. di dunia.

Keanekaragaman biota lautnya lah yang membuat Raja Ampat menjadi populer. Posisinya yang berada diantara dua samudera, yaitu Samudera Hindia dan Samudra Pasifik, didukung dengan suhu yang sesuai membuat pertumbuhan karang menjadi baik. Tidak heran jika Raja Ampat dianggap sebagai surga bawah laut terakhir di bumi. Keindahan dan keragaman, ditambah dengan orang-orang lokal yang hangat, membuat Raja Ampat adalah tempat liburan yang wajib dikunjungi.

Nama Raja Ampat sendiri diambil dari mitologi lokal. Sebelumnya, seorang wanita menemukan tujuh telur, 4 dari mereka menetas dan menjadi raja yang sekarang dikenal sebagai empat pulau besar, Waigeo, Misool, Salawati dan Batanta. Satu menetas sebagai seorang wanita, sementara yang lainnya tidak menetas.
Memang tidak mudah untuk mencapai lokasi diving terbaik di muka bumi ini. Penerbangan mahal dan informasi yang kurang menyebabkan kesalahpahaman tentang Raja Ampat. Terutama banyak orang berpikir kalau Raja Ampat itu sangat mahal. Mungkin itu setengah benar, atau mungkin saja informasi itu tidak sepenuhnya benar. Dan, beberapa tips terkait tentang cara untuk perjalananliburan murah ke Raja Ampat ala Backpacker ini tentunya akan sangat bermanfaat untuk kalian yang ingin liburan kesana.

Harga penerbangan ke Indonesia timur memang terkenal mahal, nah untuk mencari penerbagan murah ke Raja Ampat, yaitu dari Jakarta ke Sorong, kalian harus mencarinya jauh – jauh hari! Tidak ada cara lain lagi selain rajin mencari tiket promo. Hindari musim peak season karena pasti harga tiket pesawat melambung tinggi. Harga normal adalah 2-3 Juta Rupiah sekali jalan.
Biasanya penerbangan transit dengan maskapai berbeda juga bisa sedikit menghemat biaya tiket pesawat. Gunakan meta search tiket pesawat seperti sky scanner untuk mengawasi pergerakan harga tikat. Pesanlah ketika harga menyentuh yang termurah. (Baca Juga : 17 Pantai Cantik Di Yogyakarta Untuk Referensi Liburanmu)

Alternatif Murah Transportasi Menuju Raja Ampat Dengan Kapal Laut


Dari Jakarta ada kapal pelni yang melayani jalur pelayaran dari Tanjung Priok sampai Sorong. Meskipun ini akan memakan waktu selama beberapa hari hingga satu minggu, tetapi ini adalah salah satu cara termurah untuk menuju Raja Ampat lewat Sorong.
Untuk rincian perkiraan harga kapal laut dari Tanjung Priok, Jakarta – Sorong adalah sebagai berikut :
KELAS 1A

Dewasa : Rp. 2.958.500,-
Anak : Rp. 2.224.500,-
Bayi : Rp. 305.000,-

KELAS 1B

Dewasa : Rp. 2.412.000,-
Anak : Rp. 1.814.500,-
Bayi : Rp. 256.500,-

KELAS 2A

Dewasa : IDR 1.639.500,-
Anak : IDR 1.235.000,-
Bayi : IDR 173.000,-

KELAS 2B

Dewasa : IDR 1.512.000,-
Anak : IDR 1.139.500,-
Bayi : IDR 160.500,-

KELAS 1A

Dewasa : IDR 2.958.500,-
Anak : IDR 2.224.500,-
Bayi : IDR 305.000,-

KELAS 1B

Dewasa : IDR 2.412.000,-
Anak : IDR 1.814.500,-
Bayi : IDR 256.500,-

KELAS 2A

Dewasa : IDR 1.639.500,-
Anak : IDR 1.235.000,-
Bayi : IDR 173.000,-

KELAS 2B

Dewasa : IDR 1.512.000,-
Anak : IDR 1.139.500,-
Bayi : IDR 160.500,-

EKONOMI

Dewasa : IDR 748.000,-
Anak : IDR 566.500,-
Bayi : IDR 84.000,-

Transportasi Di Raja Ampat, Transportasi Dari Sorong Ke Waisai

Sebenarnya Papua tidak semahal seperti yang kita pikirkan, meskipun harga bensin bisa mencapai dua kali Jakarta. Anehnya biaya transportasi disana tidak begitu mahal. Misalnya ojek disana untuk perjalanan sekitar 5 km biayanya hanya Rp 15.000. Ojek akan sangat berguna untuk backpacker atau solo traveler dari bandara menuju Pelabuhan Sorong. Atau jika kalian datang ramai – ramai dan kelompok, kalian bisa menyewa mobil seharga IDR 100.000-200.000 untuk menuju ke pelabuhan Sorong.
Iya, pelabuhan Sorong adalah pintu gerbang menuju Raja Ampat. Sementara itu dari Pelabuhan Sorong ke Waisai bisa ditempuh dengan perahu cepat (IDR 130.000) yang berangkat jam 02:00 PM waktu setempat. Perjalanan akan memakan waktu sekitar 2 jam penyeberangan. Setelah sampai di Waisai, kalian menyewa mobil untuk mengantarkan kalian sampai penginapan. (Baca Juga : 7 Pulau di Kepulauan Seribu Ini Wajib Kamu Kunjungi Karena Murah Dan Indah)

Penginapan Murah Selama Liburan Di Raja Ampat


Kalian bisa memilih apa pun jenis penginapan yang ada di Raja Ampat. Mulai dari penginapan ala homestay atau bahkan resort mewah. Iya, percaya atau enggak ada homestay di Raja Ampat yang harganya jauh lebih masuk akal dan ekonomis. Apalagi ada homestay yang terletak di pulau kecil yang tenang.
Tidak seperti beberapa penginapan di Waisai seperti Arcopora dan Dolphin (Rp 880.000 / bungalow / 4 orang), suasananya akan sangat berbeda karena mereka tidak terletak tepat di depan laut. Bahkan jika penginapan itu dekat dengan Pantai WTC. Percayalah, WTC tidak terlalu bersih.
Rekomendasi penginapan murah dan nyaman di Raja Ampat adalah dengan tinggal di homestay seperti Yenkoranu homestay, Koranu Fyak Homestay, yang tarifnya hanya sekitar IDR 250.000 / orang termasuk makan 3x! Dan tentu saja, kalian bisa melompat langsung ke pantai dan berenang dengan ribuan ikan besar… bahkan bertemu hiu juka kalian beruntung!
Informasi lebih lanjut tentang homestay dan penginapan murah di Raja Ampat, bisa dicari dengan bantuan google, atau bertanya langsung setelah sampai di Raja Ampat. Jika menginap di Sorong kalian bisa tinggal di Hotel Indah dekat Tembok Berlin (IDR 230.000 / malam) atau Meridien Hotel yang lokasinya di depan bandara dan atau bisa juga membeli PIN disini (IDR 400.000 / malam).  (Baca Juga : 8 Kepulauan Di Indonesia Ini Asyik Banget Buat Liburan Ala Loncat Pulau!)

Tips Island Hoping Di Raja Ampat Dengan Perahu


Cara paling gampang adalah mengatur penyewaan perahu kalian dengan pemilik homestay tempat kalian menginap. Biasanya mereka memiliki perahu mereka sendiri dengan harga yang lebih murah. Ada beberapa jenis perahu di Raja Ampat. Long Boat adalah yang termurah, speed boat kecil cocok untuk sekitar 10 orang, dan yang terakhir adalah speedboat besar yang bisa muat sampai 30 orang.
Kisaran harga sewa perahu di Raja Ampat berbeda – beda, tergantung pada rute yang kalian ingin lewati. Misalnya, naik speed boat ke Mansuar dan Gam daerah akan terkena biaya sekitar IDR 3.500.000 / hari. Sementara itu untuk pergi ke Wayag yang merupakan ikon Raja Ampat biayanya adalah IDR 7.050.000 / hari.
Masalahnya, bagaimana jika kalian pergi ke Raja Ampat sendirian, tidak dengan berkelompok? Jangan khawatir deh! Itulah sebabnya kalian disarankan untuk bertanya kepada pemilik homestay jika ada orang lain memiliki kegiatan yang sama, entah pergi ke Wayag, atau yang lainnya, kalian dapat bergabung dengan mereka.
Beberapa homestay bahkan memiliki aktivitas yang sudah dijadwalkan untuk pergi ke beberapa pulau-pulau kecil. Bahkan ada juga yang hannya membayar IDR 100.000 untuk pergi ke Manta Point and sekitarnya. Jika kalian ingin menyewa perahu di Raja Ampat, kalian bisa menghubungi Pak Pandy, Pemandu dan Kapten kapal di Raja ampat pada nomor ini : 6285243526835

Pulau – Pulau Yang Bisa Dikunjungi Di Raja Ampat


Kunjungilah beberapa desa di Raja Ampat seperti Arborek, Sawingray, Yenbuba. Wayag adalah tempat yang paling populer di Raja Ampat. Wayag ini terkenal karena ketika kalian mengetik “Raja Ampat” di google, pasti informasi yang banyak keluar, foto dan gambar yang ada adalah Wayang yang mempesona ini.
Kepulauan Wayag sendiri bisa ditempuh dengan 3 jam perjalanan dengan speedboat dari Waisai. Selain wayag, ada juga tempat yang pemandangannya mirip seperti Wayag, bernama Penemu atau Pianemo Island. Disini kalian bisa mendaki tiga bukit kapur untuk melihat pemandangan spektakuler berupa batu gamping kecil dengan gradasi warna-warni yang menakjubkan.
Pastikan untuk memakai sepatu dan sarung tangan karena meskipun perjalanan tidak lama tapi sepanjang jalur banyak bebatuan yang runcing. Untuk snorkeling, kalian bisa melakukannya di depan Kri Resort, atau bisa juga dilakukan di Wayag. Pemandangan bawah lautnya tentu akan sangat luar biasa.
Pun karang yang ada tidak terlalu bagus, tetapi ikan disana ada banyak dan berukuran besar. Manta Point adalah tempat yang wajib kalian kunjungi ketika ke Raja Ampat. Jangan heran kalau kalian melihat hiu disana. Jangan takut juga, karena mereka tidak akan menggangu kalian kecuali terpancing dengan aroma darah. Sementara itu Teluk Kabui memiliki sebuah gua di mana masih ada sebuah telur yang belum menetas di dalamnya. Terakhir kalian juga bisa melakukan birdwatching di Waigeo.

Tentang Menyelam Di Raja Ampat


Liburan ala Backpacker ke Raja Ampat takkan lengkap tanpa menyelam. Diving atau Menyelam di Raja Ampat harganya mulai dari Rp 550.000 / log. Kalian bisa menghubungi operator diving di resort seperti Raja Ampat Dive Resort, Raja Ampat Dive Lodge, Kri Eco-Resort, dan Waiwo Dive Resort. Untuk keselamatan kalian lebih baik untuk pergi ke resort itu karena beberapa operator menyelam lain tidak benar-benar memiliki dive master yang berpengalaman.

Perkiraan Biaya Liburan Ala Backpacer Ke Raja Ampat


  • Kapal Dari Cepat Sorong – Waisai PP : IDR 260,000
  • Akomodasi+3x makan (4 malam) : IDR 1,000,000
  • Keliling Pulau Di Raja Ampat : IDR 200,000-700,000 (sampai Wayag)
  • Biaya Konservasi Raja Ampat(PIN Raja Ampat): IDR 250,000 untuk orang Indonesia, IDR 500,000 Untuk Orang asing.
  • Transportasi: IDR 100,000
Catatan : Data diatas harap jangan digunakan sebagai acuan pasti, karena ada kemungkinan perubahan harga dan biaya tanpa pemberitahuan.

Tips Asik Liburan Ala Backpacker Ke Raja Ampat


  • Musim Angin selatan disarankan untuk dihindari, karena pada musim ini ombak di laut sekitar Raja Ampat akan menggila. Musim angin selatan biasanya terjadi mulai awal bulan Juni sampai bulan September.
  • Meskipun pergi ke Raja Ampat sendirian itu mungkin sekali, tetapi pergi beramai – ramai jauh lebih menyenangkan dan murah. Rombongan 4-6 orang untuk pergi ke Raja Ampat akan lebih ekonomis.
  • Usahakan untuk sampai Sorong pada pagi hari, hal ini bisa dilakukan dengan penerbangan malam. Tujuannya adalah agar bisa mengejar kapal cepat yang berangkat jam 14.00 waktu setempat.
  • Sediakan uang cash yang cukup, karena ATM sangat jarang ditemukan disini. Hanya ada satu mesin ATM saja disini, yaitu ATM BRI.
  • Berbaurlah dengan masyarakat setempat, siapa tahu kalian bisa menemukan informasi yang menarik yang membuat liburan kalian ke Raja Ampat lebih seru.
  • Sekarang ini sudah banyak yang membuka open trip ke Raja Ampat dengan biaya yang tidak terlalu mahal. Jadi jika tidak ingin liburan ala Backpacker ke Raja Ampat sendirian, kalian bisa pergi kesana dengan cara gabung open trip ke Raja Ampat
Nah, setelah membaca tulisan “Tips Liburan Murah Ala Backpacker Ke Raja Ampat” ini masih berpikir kalau liburan ala backpacker ke Raja Ampat itu mustahil? Selamat mencoba liburan ke salah satu destinasi terbaik Indonesia ya!
Ps : Data dan informasi dalam tulisan ini dibantu oleh Littlenomadid.com, kalian bisa berkunjung dan bertanya – tanya tentang tips liburan ke Raja Ampat ala backpacker lewat blognya disini.

Sumber: liburmulu.com